Software Edit Video PC Terbaik yang Mudah Digunakan

studio photo

Saat Anda melihat potongan video di YouTube, TikTok, Instagram pastinya merasa terpukau bukan. Video-video yang disajikan diedit dengan baik dan menghasilkan video menarik mata. Untuk menghasilkan video menarik tentunya membutuhkan keahlian dalam mengambil video dan mengedit. Terdapat banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan. Namun terkadang tidak semua PC atau laptop bisa diinstal software edit video, salah satu alasannya karena kemampuan laptop atau PC itu sendiri.

Dibawah ini terdapat beberapa software aplikasi edit video yang mudah digunakan pada PC atau laptop.

  1. Apple iMovie

Sesuai dengan namanya, aplikasi edit video ini memang diperuntukkan bagi Mac dan disediakan secara cuma-cuma oleh Apple. Apple iMovie ini sendiri pun sangat standar, meskipun sederhana namun cukup untuk kegiatan edit video ringan. Kelebihan dari software ini adalah adanya fitur green-screen, integrasi ke platform audio dan media sosial lain. Selain itu juga Apple iMovie ini bisa me-render video dengan tingkat kualitas gambar cukup tinggi. Bagi pemula, pastinya tidak akan kebingungan dengan Apple iMovie ini.

  1. Windows Movie Maker

Bisa dikatakan jika Windows Movie Maker ini adalah saingan iMovie. Jika iMovie dimiliki oleh Apple, maka Windows memiliki Movie Maker. Untuk Movie Maker ini pun juga gratis, jadi untuk kualitasnya pun sangat standar. Windows Movie Maker ini bisa membuat video dengan format MPEG, WMV, AVI, dan format lainnya. Software ini khusus diberikan untuk pengguna Windows 7. Namun sayangnya, pihak Windows sudah menghentikan software ini. Jika tertarik untuk memilikinya bisa mencari di Google.

  1. LumaFusion

Dalam deskripsinya, LumaFusion dipakai untuk para profesional untuk meng-edit video. Namun pemakaian LumaFusion ini terbulang cukup mudah dan pemula pastinya tidak akan mempunyai kesulitan ketika dipakai. LumaFusion sendiri bisa menghasilkan gambar tingkat tinggi. Selain itu juga ada pilihan efek yang cukup beragam untuk dipilih. Masih cukup banyak YouTuber yang sampai sekarang menggunakan aplikasi ini. Hanya saja LumaFusion dipakai hanya untuk pengguna iOS, dan untuk memakainya harus membayar sekitar 300ribuan.

  1. Adobe Premiere Pro

Siapa yang tidak tahu software edit video yang satu ini? Hampir semua orang tahu software yang satu ini, sebab fitur yang ditawarkan memang lengkap. Adobe Premiere Pro ini memang ditargetkan khusus untuk para profesional. Namun software ini pun masih bisa dipelajari oleh pemula. Untuk awal-awal mungkin pemula akan merasa kebingungan, tetapi jika sudah berlatih pasti bisa menggunakan aplikasi satu ini. Banyak jasa edit video yang memanfaatkan software satu ini untuk menghasilkan video terbaiknya.

  1. Sony Vegas

Apabila Anda ingin menghindari sulitnya menggunakan Adobe Premiere Pro, maka bisa menggunakan Sony Vegas. Untuk aplikasi yang satu ini mempunyai user interface (UI) editing video berbasis timeline seperti Premiere. Namun fitur efek dan transisinya bisa dikatakan cukup baik. Tidak hanya itu saja, import dan export pun tergolong baik, jadi Anda tidak harus stress menunggu terlalu lama atau tiba-tiba macet.

  1. Final Cut

Alternatif lain yang bisa digunakan pemula untuk editing video adalah Final Cut. Tetapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Final Cut ini diperuntukkan bagi pengguna Mac. Untuk Final Cut sendiri mirip dan cukup populer seperti Adobe Premiere. User Interface yang dimiliki oleh Final Cut sendiri adalah warna gelap. Jadi bisa menggunakan Final Cut lebih fokus ditempat yang gelap, selain itu banyak efek yang ada di software ini. The Social Network, 500 Days of Summer dan film lainnya menggunakan software ini untuk editingnya.

  1. AVS Video Editor

Untuk Anda yang sedang mencari aplikasi edit video PC ringan, maka AVS Video Editor bisa menjadi alternatif. Software editing video yang satu ini banyak dipakai oleh PC/laptop dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur video cache. Dimana fitur ini memungkinkan pemakainya mengedit video menggunakan resolusi Full-HD, jadi bisa memanjakan mata. Selain itu kecepatan editing pun patut diacungi jempol. Pun software ini pun bisa dipakai memisahkan video, menyematkan audio, memotong, memberikan teks, dan lainnya. Terdapat 300 efek transisi yang ditawarkan oleh AVS Video Editor.

  1. VirtualDub

Merupakan software edit video yang bisa dikatakan ringan dan pemakaiannya gratis. Software edit video ini dirancang khusus untuk pengguna OS Windows. User Interface yang ditampilkan oleh VirtualDub ini simpel dan tidak memiliki kesan berat. Jika Anda ingin belajar edit video, ada baiknya menggunakan VirtualDub ini. Meskipun ringan, namun fitur yang diberikan oleh software ini pun cukup fungsional. Selain itu, VirtualDub pun memberikan fitur merekam layar yang bisa dipakai membuat video tutorial editing.

  1. Corel Video Studio

Mungkin Anda berpikir bahwa Corel adalah software untuk pembuatan desain. Namun Corel juga menyediakan aplikasi untuk edit video di PC. Software ini cocok dipakai para profesional maupun pemula yang belum lama belajar editing video. Dari segi tampilan pun sederhana dan fitur-fiturnya pun mudah dimengerti. Meskipun mempunyai interface ringan, namun fitur yang ada di dalamnya termasuk canggih. Seperti clearer audio, creativity options, XAVC.S, freeze frame, efek convert titles to alpha channel, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi software ini tidaklah gratis. Jadi harus membeli lisensi terlebih dahulu supaya bisa dipakai untuk mengedit video.

  1. Avidemux

Adalah aplikasi edit video PC keren dan mudah dipakai. Meskpun Avidemux ini gratis, namun fitur-fitur yang disematkan tidak bisa diremehkan begitu saja. Sebab aplikasi ini mempunyai kemampuan mumpuni dan praktis saat dipakai. Vendor dari Avidemux sendiri memang sengaja merancang sebagai aplikasi edit video yang mudah dioperasikan. Untuk pemula, pengoperasian ini termasuk mudah dalam menghasilkan video keren. Selain itu terdapat fitur untuk menyematkan filter, memotong dan kode pun juga tersedia. Meskipun Avidemux disarankan untuk pemula, namun yang sudah profesional pun bisa memanfaatkannya.

  1. Pinnacle Studio

Software editing video satu ini bisa dikatakan sederhana dengan fitur yang cukup fungsional. Pun aplikasi ini mempunyai banyak macam fitur editing dasar yang cukup bagus bagi pemula. Oleh karena itulah pemula bisa menghasilkan video berkualitas tanpa harus menggunakan aplikasi rumit. Anda bisa berkreasi mengedit video dengan menarik menggunakan Pinnacle Studio ini. Hasil editing yang didapatkan pun tidak perlu diragukan. Walau aplikasi ini disebut untuk pemula, tetapi kualitasnya cukup baik.

  1. Lightworks

Aplikasi Lightworks ini bisa dijadikan pilihan tepat apabila ingin mendapatkan video menarik tanpa harus menggunakan langkah yang ribet. Untuk aplikasi ini memang dikenal ringan tetapi kaya fitur editing. Misalnya preview, timeline, media, dan effect. Anda tidak harus membayar untuk menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi Lightworks ini gratis.

  1. CyberLink PowerDirector

Rekomendasi lain yang bisa dijadikan alternatif editing video mudah dipakai adalah CyberLink PowerDirector. Aplikasi ini mudah dipakai di PC dan banyak tools fungsional yang mudah dipahami. Menggunakan aplikasi ini akan membuat hasil video jadi lebih atraktif. Selain itu aplikasi ini pun ringan ketika digunakan.